Rabu, 26 Februari 2014

Obat Herbal Diabetes Dan Asam Urat

(puskesmaskutasatu/











بسم الله الرحمن الرحيم ,  Obat Herbal Diabetes,penyakit diabetes merupakan penyakit di mana kadar gula dalam darah meningkat. Hal ini di sebabkan oleh adanya gangguan pada fungsi insulin. penyakit diabetes terjadi akibat ketidakmampuan tubuh mengubah makanan menjadi energi sebagaimana mestinya. Hal tersebut merupakan akibat dari organ pankreas tidak mampu membuat hormon insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi gula darah. Pada kasus diabetes, sel-sel dalam tubuh tidak bisa menyerap glukosa dengan normal sehingga menumpuk terlalu banyak di dalam darah. Terdapat beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit diabetes diantaranya makanan berkarbohidrat tinggi, mie, roti, makanan instan, Kafein dan alkohol. penyakit diabetes ini mengharuskan bagi setiap penderitanya agar tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat karbohidrat terlalu banyak. Untuk itu para penderita diabetes melitus harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar karbohidrat yang seimbang.

Gejala Penyakit Diabetes

berikut beberapa gejala penderita penyakit diabetes, diantaranya :
  • Mudah lapar dan banyak makan (polyphagia)
  • Mudah terkena infeksi terutama pada kulit.
  • Apabila luka/tergores (korengan) lambat penyembuhannya
  • Mengalami rabun penglihatan secara tiba-tiba
  • Cepat lelah dan lemah setiap waktu serta sering mengantuk
  • Kesemutan/mati rasa pada ujung syaraf ditelapak tangan & kaki
  • Kehilangan berat badan yang tidak jelas sebabnya
  • Frekwensi urine meningkat/kencing terus (Glycosuria)
  • Sering pusing dan mual

Faktor Penyebab Penyakit Diabetes

berikut ini faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes melitus, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Jarang berolahraga – berolahraga kurang dari 3 kali dalam seminggu.
  • Memiliki kadar kolestrol tinggi dalam darah dengan HDL 35 atau lebih rendah, atau kadar trigliserida 250 atau lebih tinggi.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat
  • Merokok dan stres
  • Gaya hidup modern yang cenderung mengkonsumsi makanan instan
  • Level kolesterol yang tinggi
  • Angka triglycerid (salah satu molekul lemak) yang tinggi
  • Tekanan darang tinggi
  • Kegemukan/obesitas biasanya terjadi pada usia 40 tahun
  • Faktor keturunan
  • Kerusakan pada sel pankreas

Berbagai Tanaman Yang Memiliki Khasiat Sebagai Obat Herbal Alami Diabetes, diantaranya :

  • Beberapa jenis buah : Apel, mangga, prem, kiwi, pir, beri hitam, strawberry, rasberri, persik, aprikot, jeruk, anggur. Merupakan buah-buahan yang kaya akan serat, dan sangat membantu penderita diabetes.
  • Buncis : setengah kacang merah rebus, kacang kranberi, butterbean, kacang panggang kaleng, kacang hitam, kacang navy, lentil, kacang pinto. kacang great northern, kacang polong, kacang belah, dan kacang lima.
  • Beberapa jenis sayuran : Articok, umbi seledri, ubi, par-snip, lobak china, labu acorn, kentang, kubis brussel, kubis, kacang polong, brokoli, wortel, kacang hijau prancis, kembang kol, asparagus, but.
  • Gandum dan oatmeal : setengah cangkir oatmeal, menambah serat larut sebanyak 3 gram, dan 1 cangkir oatmeal masak mengandung 2gr serat larut, 1 saset oatmeal instan menambah 1gr serat.
  • Produk biji Psilium : Satu sendok teh penuh sebagian besar produk psilium akan memberikan sekitar 3 gram serat larut.
  • Gandum Hitam : Gandum jenis ini biasanya ada di wilayah Amerika, dan biasanya di masak sebagai sup.

Asam Urat
merupakan salah satu penyakit yang kita dengar meskipun mungkin kita tidak pernah mengalaminya. Hal ini dikarenakan ada tetangga atau saudara kita terkena penyakit ini. Keluhan mengenai asam urat biasanya berhubungan dengan rematik, nyeri sendi dan sakit pinggang. Biasanya menyerang mereka yang berusia lanjut.

Apa sebenarnya asam urat itu? Asam urat atau artritis gout merupakan senyawa heterosiklik karbon, nitrogen, oksigen, dan hidrogen. Asam urat terbentuk jika sisa zat dalam tubuh yang kita keluarkan, memecah suatu zat yang disebut purin. Purin terlarut dalam darah dan mengalir ke ginjal. Purin dibuang keluar dari tubuh dalam bentuk urine.

Asam urat pada awalnya tidak berbahaya. Namun jika terus menumpuk dalam tubuh akan menyebabkan asam urat tidak bisa dibuang atau dikeluarkan yang akhirnya menumpuk dalam tubuh dan berkonsentrasi pada persendian. Sendi yang terserang akan terasa sakit, nampak membengkak, merah, panas, nyeri di kulit, sakit kepala dan tidak nafsu makan.

Cara Buat Obat Herbal Obati Asam Urat 


Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat:

Cara I

Bahan: 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 15 gram jahe merah, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 10 butir lada, 200 gram ubi jalar merah, 1000cc air bersih.
Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 1000cc air hingga tersisa 500cc. Lalu disaring dan minum airnya. Sementara ubi jalarnya dimakan.

Cara  II

Bahan: 5 butir kapulaga, 15 gram jahe, 5 butir cengkeh, 10 butir lada, 5 gram biji pala, 1 jari kayu manis, 5 gram bangle, 400cc air bersih.
Cara pengobatan: semua bahan direbus dalam 400cc air hingga tersisa 200cc. Kemudian airnya disaring dan setelah dingin diminum.

Cara III

Bahan: 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 4 lembar daun sosor bebek, 5 gram biji pala, 1 jari kayu manis, 10 gram jahe, 600cc air bersih.
Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 600cc air hingga tersisa 300cc. Kemudian airnya disaring dan diminum 3 kali sehari masing-masing 100cc setiap kali minum.

Makanan untuk Mengobati Asam Urat


Berikut ini daftar makanan yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh:

1. Makanan Kaya Vitamin C
Sertakan makanan dan suplemen kaya Vitamin C dalam menu harian kita, untuk mengurangi asam urat dalam tubuh dan melarutkannya dalam darah dengan mudah.

2. Buah Cherry
Cherry merupakan salah satu pengobatan alami untuk mengurangi dan mengobati asam urat secara alami. Cherry memiliki sifat anti-inflamasi bernama anthocyanin, yang sempurna untuk mengurangi kadar asam urat.

3. Susu Rendah Lemak
Produk susu rendah lemak seperti susu atau yogurt, dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh secara alami.

4. Jeruk nipis
Buah jeruk nipis dapat melarutkan tubuh dari asam urat. Perasan jeruk nipis juga bisa membuang racun tubuh.

5. Air mineral
Salah satu maintenance terbaik di rumah untuk mengurangi asam urat dalam tubuh, adalah minum banyak air mineral. Karena, air bisa mengeluarkan racun dari tubuh yang meliputi asam urat.

6. Buah berries
Buah-buahan segar seperti stroberi dan blueberry juga dapat membantu mengurangi dan meningkatkan pengobatan asam urat.

7. Kentang
Sayuran mentah seperti kentang atau jagung pun efektif untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Kentang dapat dinikmati mentah atau dikukus.

Oke, itu dia beberapa ramuan tradisional yang berkhasiat untuk mengobati asam urat. Jangan lupa konsumsi juga makanan yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. (BB/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...