Sabtu, 13 Desember 2014

Khasiat Penting Keju Bagi Tubuh Anda


Khasiat Penting Keju Bagi Tubuh

Seluruh dunia tahu apa itu keju dan bagaimana rasanya. Menurut cerita yang beredar di masyarakat dunia, keju ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pengembara yang berasal dari Arab. Mungkin itulah sebabnya banyak yang berpendapat bahwa keju pertama kali ditemukan di kawasan Timur Tengah. Namun, sampai saat ini belum diketahui secara pasti tentan penemuan keju untuk pertama kali.

Keju merupakan sebuah makanan yang dihasilkan dengan cara memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan yang dibantu oleh bakteri atau enzim tertentu. Setelah itu melalui tahap pengeringan sampai diawetkan sehingga menjadi keju yang nikmat itu. Karena terbuat dari susu sehingga hampi semua kandungan gizi dalam keju sama seperti susu, yang terdiri dari vitamin, kalsium, mineral, protein dan fosfor.

Itulah mengapa keju mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi ada juga yang berpendapat keju tidak baik dikonsumsi oleh pria atau keju dapat menyebabkan obesitas. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas dulu sebenarnya apa saja sih khasiat keju bagi kesehatan tubu manusia?

Beberapa manfaat keju untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah :

Membuat gigi lebih sehat

Kandungan kalsium dalam keju membuat gigi anda menjadi lebih sehat dan kuat. Selain itu, mencegah terjadinya gigi berlubang karena plak dan asam yang diproduksi di dalam mulut. Hal ini akan menghindarkan anda dari rasa sakit dan ngilu pada gigi, sehingga bisa mengkonsumsi semua makanan yang anda inginkan. Tetapi tetap jangan lupa gosok gigi anda minimal 2 kali sehari.

Membantu menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh

Keju memang bermanfaat untuk meningkatkan berat badan tubuh karena didalamnya mengandung lemak. Untuk anda yang ingin gemuk dianjurkan untuk memakan keju secara rutin karena kalsium, protein, vitamin dan mineral didalamnya dapat menyeimbangkan sistem metabolisme dalam tubuh. Sehingga yang biasanya anda sering BAB dan makanan sulit menjadi lemak, dengan mengkonsumsi keju akan membuat BAB menjadi normal dan lemak pun akan terbentuk.

Membuat tidur lebih nyenyak

 Kandungan trypthopan (asam amino) membuat pikiran anda menjadi tenang dan mengurangi stres sehingga tidur anda menjadi lebih nyenyak. Untuk anda penderita insomnia, konsumsilah keju karena mampu membuat anda tidur tepat pada waktunya. Dengan pikiran tenang, kegelisahan atau kecemasan berkurang membuat tidur anda menjadi berkualitas dan tubuhpun siap menyambut esok hari yang menyenangkan.

Mencegah obesitas

 Yang sebenarnya adalah keju dapat mencegah obesitas karena mengandung protein yang tinggi dan membantu menyerap karbohidrat dala makanan sehingga membuat anda lebih lama merasakan kenyang. Selain itu, keju juga berfungsi sebagai penyeimbang gula darah serta membuat suasana hati yang menyenangkan. Dengan begitu, hati anda mampu meredam emosi anda ketika sedang dalam keadaan yang sulit.

Menguatkan dan menyehatkan tulang

 Selain mempunyai efek yang baik untuk gigi, kalsium juga menyehatkan tulang. Lalu kandungan vitamin B dalam keju juga berfungsi sebagai penyerap kalsium dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan keju dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil dan menyusui maupun yang sudah lanjut usia. Sehingga tulang menjadi kuat serta mengurangi resiko terkena osteoporosis.

Mengurangi resiko terkena kanker

 Asam linoleat sphingolipids yang terkandung dalam keju mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh. Dan vitamin B juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. Sehingga dapat mencegah dari berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin B dan seng dalam keju berkhasiat manjaga keadaan kulit agar tetap sehat, halus, dan bercahaya. Vitamin B sendiri membatu merangsang pergantian sel kulit mati dengan kulit baru yang lebih halus dan segar. Sehingga anda akan terhindar dari kulit kering dan kusam walau beraktivitas di bawah terik matahari.

 Dengan membaca penjelasan ini, tentu anda tahu bahwa sebenarnya keju mempunyai banyak khasiat bagi tubuh kita. Tetapi jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.







source>> www.pathmo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...